Perbandingan Produk Yang Menggunakan Desain VS Tidak

Selamat sore friends, sambil nunggu magrib gini enaknya sambil baca-baca tips bisnis hehe. Banyak banget temen-temen online shop yang nanya seberapa pengaruh sih desain grafis sama penjualan? nah pertanyaan itu bakal kita jawab sekarang geng.


Jelas desain grafis bikin penjualan naik geng, seperti gambar diatas beberapa dampak yang bakal dirasain kalau produk kalian pake desain grafis adalah:

1. DESAIN SEBAGAI ALAT PRESENTASI
Dalam membeli suatu barang, pembeli pasti dipenuhi dengan sejuta pertanyaan. Seperti:

  • Apa ini? 
  • Kenapa saya harus beli ini? 
  • Apa guna nya saya beli ini? 
  • Apa kelebihan produk/toko ini dibanding yang lainnya? 
  • Siapa sih penjualnya? 
  • Terbuat dari apa sih barang ini? 
  • Kok harga nya segini, sesuai gak dengan isi didalamnya? 
  • dan sebagainya...
Tentu kamu gak bisa berulang kali menjelaskan kepada calon pembeli yang belum tentu jadi beli. Ya kaaaan? Oleh karena itu, ada yang namanya desain kemasan, desain produk, desain logo yang bisa menjelaskan semuanya tanpa harus dijelaskan oleh pemilik usahanya. Desain yang akan memberitahu calon pembeli itu sendiri.

2. DESAIN SEBAGAI ALAT POSITIONING
Perlu diketahui, bahwa masing-masing segmentasi konsumen memiliki selera tersendiri, memiliki cara pandang masing-masing dalam menilai sesuatu dan memiliki referensi yang berbeda. Oleh karena itu, desain yang dirancang juga berbeda sesuai dengan siapa konsemen kamu, seperti apa segmentasi pasar kamu.

Contoh kemasan kopi dibawah ini. perbedaan kemasan ini juga menunjukan segmen market mereka, kepada siapa mereka menjual. Kemasan A diperuntukan untuk orang yang punya pengetahuan terhadap kopi, kemasan kertas dan tulisan handcrafted menunjukan cara penjual dalam menjaga kualitas kopi. Design yang dipakai tematik cukup elegan dan memberikan kesan mewah dengan area coklat yang dominan dan polos. Kemasan B memberikan kesan indipenden karena menggunakan desain yang minimalis dan menggunakan kertas. Kemasan B diperuntukan untuk orang yang mencari alternatif pilihan kopi, orang yang mencari pengalaman berbeda untuk ngopi, informasi ranking sangat tepat untuk pencinta kopi serta orang baru yang ingin mendalami perkopian. Kemasan C diperuntukan untuk umum, tidak ada informasi rasa kopi, jenis kopi atau level kepahitannya sehingga bisa disimpulkan kopi ini bisa dinikmati semua orang. Desain tematik didominasi warna hitam memberikan kesan kopi hitam, bukan capuccino dsb.


3. DESAIN SEBAGAI PROMOTOR DAN PENARIK PERHATIAN
Gak bisa dipungkiri kalau manusia pasti menilai sesuatu dari luarnya dulu, dan desain adalah wajah pertama dari bisnis kamu yang dilihat oleh pembeli. Kalau desainnya menarik, maka mata calon pembeli akan langsung tertuju pada bisnis kita. langsung melirik produk kita, langsung menengok toko kita. Namun tetap tidak semua orang yang akan tertarik, tetap disesuai dengan pangsa pasar dan segmen konsumen yang dituju.

Kebun design terinspirasi karya-karya visual sir dandy, bahwa karya yang dapat menarik perhatian adalah karya yang dapat berinteraksi, seolah kita terhenti sejenak untuk berpikir karena kita melihat desain tersebut. Bahkan desain bisa membuat suatu produk, merek, atau toko diperbincangkan.


Jasa Desain Grafis (Logo, Desain Kemasan, Catalog, brosur dll) Hubungi:
Call/ SMS/ Whatsapp: 0878-8438-0220
BBM: D551BA91
Line: kebundesign
Portofolio bisa dilihat lebih mudah di Instagram Kebun Design
SHARE