4 Tips Bisnis Diusia Pensiun Yang harus Kamu Ketahui


Bisnis bukan lagi alternatif untuk hidup, malah menjadi penopang sendi-sendi kehidupan. Sejak ribuan tahun yang lalu bisnis sudah dilakoni oleh manusia dan sampai saat ini, mungkin sudah ribuan teori pula yang telah terbukukan. Kami para petani Kebun Design akan mencoba merangkum tips tips bisnis yang akan dikemas dengan tema yang menarik loh tiap minggunya. So, jangan lupa buat berkebun di Kebun Design yah hehhe

Kali ini petani Kebun Design telah merangkum tips-tips bisnis diusia pensiun alias saat usia sudah tidak lagi muda. Udah gas sabar yah, langsung aja kita intip tipsnya dibawah ini

1. Pilih bisnis yang sesuai dengan kondisi kesehatan anda

sumber gambar : tribunnews.com

Usia lanjut menjadikan kondisi fisik tidak lagi prima. Apalagi diera milenial seperti ini, saat orang-orang lebih memilih mengkonsumsi makanan cepat saji dan mengabaikan aspek kesehatan dari konsumsiannya. Padahal orang lanjut usia harus menjaga makanan dan pola maknnya agar tidak mudah terserang sakit. Karena kondisi fisik atau kondisi kesehatan  yang  tidak lagi prima, maka dapat dikatakan bahwa orang yang akan memulai usaha diusia lanjut harus pandai memilih bentuk usaha yang dapat dijalankan dan sesuai dengan kemampuan fisiknya.

2. Konsultasikan dengan keluarga (suami, istri, anak dll)


sumber gambar : popmama.com

Bisa dikatakan keluarga adalah gerbang pertama seseorang dapat mengenali dunia, dan menjadi tempat kembali dari semua penjelajahan yang dilakukan seseorang. Mengawali bisnis baru Keluarga akan menjadi rem dan gas untuk kita, apakah harus melaju sekencang kencangnya saat memulai usaha baru, atau melaju secara perlahan, atau justru mengerem karna memberitahu di depan ada jalan berlubang. Keluarga akan menjadi penasehat yang akan sangat kita butuhkan.

3. Pilih bidang yang belum pernah anda coba sewaktu muda

sumber gambar : IDN Times

Mencoba sesuatu hal yang baru bisa memberikan pengalaman yang sangat bermanfaat. Biasanya hal baru akan menyedot perhatian kita karena memberikan pengalaman yang tidak itu itu saja seperti rutinitas yang sudah biasa dilakukan. Hal semacam ini akan memicu semangat dalam menjalani hari dimasa tua setelah sekian lama waktu kita dihabiskan oleh rutinitas yang sama.

4. Pilih bidang yang tidak membosankan

sumber foto : Barisan.info

Berkegiatan usaha di bidang yang ga membosankan tentunya akan sangat menarik. Tinggal memilih bidang yang sangat kita sukai semisal dari hobi ikan hias . Kita bisa mencoba berbisnis dari hal yang kita sukai dan ga mudah untuk bikin kita menjadi bosan.

Nah itu dia tips dari petani kebun Design kali ini tentang memulai bisnis diusia pensiun. Barang kali anda tertarik mencobanya berbisnis diusia lanjut, mungkin bisa mencoba tips-tips diatas. Oh iya, Kebun design akan terus meberikan tips tips bisnis lainnya setiap minggunya loh. Dan tiap harinya ada, info-info menarik baik di web kami, maupun di media social kami yang lain seperti di Instagram @kebundesign. Semoga bermanfaat, sampai jumpa ditulisan berikutnya.





SHARE