Peluang Besar Jual Perlengkapan Olahraga, Bikin Kaya Raya Seperti Rizki Adventus



sumber gambar : MMA Mania
Di Indonesia, penggemar kegiatan olahraga sangat lah banyak. Dari mulai olahraga yang menghibur seperti sepak bola, basket dan lain sebagainya, sampai olahraga ekstrim seperti panjat tebing. Berbekal kegeramarannya terhadap olah raga basket sejak SMP, Rizki terinspirasi untuk membangun usaha konveksi pakaian olahraga. 
Masa-masa awal usahanya, Rizki sama sekali tidak memiliki modal besar. Bermodalkan niat dan keberanian, Rizki menjalin kerja sama dengan tempat-tempat produksi yang membuat seragam olah raga, jaket, kaos basket dan kaos futsal. Dengan brand 'Motion Sport Indonesia' yang Rizki bangun, dia dengan sabar dan ulet menjajakan barang dagangannya. Dalam pandangannya, kesabaran dan keuletan merupakan kunci untuk meraih kesuksesan.
Rizki menggunakan banyak cara dalam berjualan, termasuk menjajakan produknya melalui situs jual beli online. Rizki juga menjual produknya media social yang ia miliki. Setelah satu tahun berselang, di sekitar awal 2012, ia memutuskan membuat website yang khusus menampilkan produknya. Kehadiran website diharapkan bisa menjaring lebih banyak pesanan dari para konsumen dan merupakan bentuk pemberitahuan keseriusannya dalam berwirausaha kepada public.
sumber gambar : Youtube
Seperti pohon yang tumbuh semakin tinggi, Rizki juga sama-sama menghadapi terpaan tantangan yang semakin kencang. Diantaranya Rizki harus mulai mengatur keuangan agar produksi bisa tetap berjalan lancar. Lalu banyak juga hadirnya kompetitor yang menawarkan harga yang lebih murah yang tentunya menjadi tantangan yang sangat berat bagi Rizki. Meski demikian tantangan tersebut tidak membuat semangatnya surut, malah usahanya semakin dikenal banyak orang.
Seiring dengan makin pesatnya perkembangan teknologi bisnis pakaian olahraga dengan brand motion ini juga semakin berkembang. Rizki memanfaatkan itu sebagai strategi promosi. Rizki melakukan promosi melalui jejaring sosial dan internet.
Motion selalu mengambil bagian dalam setiap event atau kegiatan olahraga. Kompetisi olahraga antar sekolah, mulai dari SD, SMP hingga perguruan tinggi dia sponsori. Tentu saja strategi promosi seperti ini juga bisa mendulang omset yang besar.
Setiap bulannya sekitar 1.600 setelan kaos olahraga yang diproduksi mulai dari basket, futsal, hingga voli. Untuk membuat kaos olah raga segitu banyaknya Rizki dibantuan 18 karyawan, Satu setelan kaos olahraga Motion dijual mulai dari Rp 165 ribu hingga Rp 265 ribu untuk full printing.
Motion dalam satu bulan bisa beromzet Rp 250 juta hingga Rp 350 juta saat pesanan banyak. Biasanya pesanan banyak ini terjadi saat tahun ajaran baru di mana banyak kompetisi alias pertandingan olahraga.
Yang memesan kaos olahraga di Motion banyak dari berbagai daerah di Indonesia. Ada dari Jakarta, Sumatera, Kalimantan, juga Papua. bahkan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) sering order ke Motions untuk dikirim ke Australia, Singapura, Amerika sampai ke Eropa. 


SHARE