Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menentukan Harga Jasa Bisnismu

Halo temen-temen, pada tulisan minggu lalu, kita sudah sempat membahas soal cara menentukan harga untuk sebuah produk. Nah kali ini kita akan coba bahas cara menentukan harga dari bisnis jasa nih. Tidak seperti bisnis barang atau produk yang ada wujudnya, bisnis jasa tentu tidak berbentuk, tidak bisa di sentuh atau dipegang. Jadi kira kira cara menentukannya tarif gimana yah. langsung saja kita bahas yah.

Sumber Gambar :  playword.id

1. Pertimbangan harga berdasarkan siapa pelanggan jasa kita

Yang pertama untuk menentukan harga dari sebuah jasa yaitu perhatikan klien kita. segmentasi atau pembagian klien tentu membuat harga jasa bisa berubah. Misalnya, kita pengusaha jasa pembuatan website. pelanggan yang biasa mengguanakan jasa kita ada dari perusahaan besar seperti PT, dan ada juga pengusaha kecil seperti UMKM yang tentunya akan berpengaruh kepada harga jual. Tidak mungkin kita memberikan harga servis puluhan juta pembuatan website untuk PT kepada pengusaha kecil seperti UMKM. Pasti kita harus menurunkan harga, dan spesifikasi atau layanan yang sesuai dengan harga untuk para pelaku usaha kecil menengah. 

2. Pertimbangkan biaya atau modal

Banyak pengusaha jasa yang harus mengeluarkan modal baik kecil maupun besar untuk usahanya. Dan tentunya itu akan berpengaruh pada harga jual pada pelanggan. Contohnya kita mau berbisnis jasa MUA, tentu kita harus punya make up dan alat alat make up. karena make up itu pasti habis, tentu cost untuk hal tersebut harus dihitung dan masuk kedalam biaya servis jasa MUA kita. dan dinisi kita perlu pandai-pandai meperkirakan total pembiayaan, agar klien kita puas dengan jasa kita dan ok dengan harga yang kita tawarkan. 

3. Pertimbangan harga berdasarkan upah karyawan.

Jika usaha jasa kamu punya karyawan, tentunya hal tersebut juga akan berpengaruh pada harga jasa yang kita tawarkan. kita perlu pandai pandai mengatur harga agar pelanggan tidak merasa kemahalan, karyawan tergajih tanpa hambatan, biaya oprasional lain tertutupi, dan kita juga tetap punya untung.

4. Pertimbangkan harga kompetitor kita

Bisnis jasa tentu juga punya pesaing, sama seperti dengan bisnis produk atau barang. Tapi hal tersebut tidak perlu jadi sesuatu yang dikhawatirkan berlebih. karena dalm dunia bisnis, persaringan adalah hal biasa. dan kita hanya perlu tau berapa tarif dari pesaing kita, supaya kita bisa tahu bahwa harga yang kita berikan kepada klien tidak kemurahan dan tidak kemahalan. 

Jasa Desain Karawang (Logo, Desain Kemasan, Catalog, brosur dll)
Hubungi:
Call/ SMS/ Whatsapp: 0878-8438-0220
Line: kebundesign
Portofolio bisa dilihat lebih mudah di Instagram Kebun Design
SHARE