DESAIN GRAFIS DALAM POLITIK, DIBALIK CITRA MILENIAL ALA RIDWAN KAMIL


Desain grafis adalah cara komunikasi baru yang paling diminati netizen saat ini, karena yang netizen butuhkan bukan hanya tentang seberapa menarik kontennya tapi juga seberapa menarik cara menyampaikannya. Semakin menarik cara menyampaikannya, maka akan semakin menguatkan kontennya, dan peluang untuk menjadi viral pun sangat besar.

Tidak hanya dilirik oleh kalangan pembisnis, desain grafis juga dilirik oleh kalangan politikus. Mari kita flash back ke pilkada 2018 kemarin. pak Ridwan kamil menang di jawa barat bukan cuma karena kualitas pemimpin dan visi misi nya, tapi juga cara komunikasi yang baik dengan netizen melalui sosial media menggunakan desain grafis. Yuk mari kita intip beberapa posting instagram pak Ridwan Kamil ketika masa kampanye.


Yang menarik dari kampanye pak Ridwan Kamil adalah informasi-informasi kampanye nya itu disajikan dalam bentuk infografis. Desainnya simple dan memanjakan mata, tidak terlalu banyak teks, clean dan tidak norak. Jika informasinya memang banyak? pak Ridwan memilih untuk membaginya menjadi beberapa slide ketimbang menumpuk semua informasi pada satu gambar. Seperti pada penjelasan daerah-daerah jawa barat yang disajikan dalam bentuk infografis dibawah ini.



 slide 1

 slide 2

 slide 3
 slide 4
 slide 5


 slide 6

slide 7

Penjelasan tentang daerah-daerah di jawa barat adalah salah satu konten paling favorit. Cara penyajiannya pun tidak sembarangan tapi menggunakan copywriting dan caption yang baik. Pertama-tama yang disajikan adalah info daerahnya tanpa embel-embel kampanye, kemudian di slide terakhir barulah dia menyematkan tagline "Wilayah mana yang harus dikunjungi RINDU?" Rindu disini adalah singkatan dari Ridwan-UU namun di olah sehingga menjadi kalimat romantis sehingga memancing netizen untuk baper. Netizen menyukai konten-konten lucu, nyeleneh dan bikin baper seperti konten pak Ridwan Kamil. Setelah tagline barulah dia menyematkan foto pasangan Ridwan-UU.

Sama seperti bisnis, politik juga butuh copywriting yang baik. Kita gak bisa langsung jualan atau langsung kampanye mengajak coblos no.1 ke netizen, tapi butuh pendekatan terlebih dahulu. Itu pula yang dilakukan pak Ridwan Kamil, menyajikan informasi dengan caption-caption segar, lalu ditutup dengan ajakan memilih beliau.

Gak berhenti sampai pilkada, desain serba hijau dengan gradasi kuning dan biru tetap dipakai setelah pak Ridwan Kamil terpilih. Bahkan patokan warna ini bisa jadi ciri khas tersendiri untuk pak Ridwan kedepannya loh. Hampir semua program dan info tentang jawa barat disajikan dengan gaya dan warna desain yang sama, seperti beberapa program jawa barat yang akan kami tunjukan berikut ini.

Semua logo program jawa barat menggunakan gaya desain yang sama kan? Selain itu nama program nya pun nyeleneh dan lucu, konten seperti inilah yang disukai netizen. Gak cuma di logo aja, tapi postingan terkait info-info mengenai jawabarat disajikan dengan gaya desain yang sama. Kami tampilkan beberapa postingnya dibawah ini.



APA YANG SEBENERNYA DILAKUKAN PAK RIDWAN KAMIL DENGAN MENGGUNAKAN DESAIN?
Yang sedang dilakukan pak Ridwan Kamil adalah branding! Branding itu butuh ciri khas dan butuh konsistensi. Penggunaan warna dan gaya desain yang sama disetiap program jawa barat membuat orang sadar atau aware dengan program tersebut. Semakin banyak orang yang sadar akan program jawa barat, semakin tinggi elektabilitas pak Ridwan karena masyarakat tahu kalau beliau kerja, dan kerjanya nyata, bisa dilihat, pokoknya setiap gerakan atau aktivitas yang ada logo warna hijau kuning biru nya, pasti kerjaan pak Ridwan Kamil.

KENAPA HARUS PAKAI DESAIN?
Selain untuk menaikan pamor pak Gubernur sendiri, desain menjadi ciri khas untuk masa jabatan beliau. Ketika ditagih oleh rakyat tentang kerja gubernur, maka pekerjaanya mudah dilacak karena ada desainnya, ada sosmednya, dan bisa diakses oleh semua orang. Pengaruh dari desain ini bisa sampai pemilu presiden tahun 2024. Semakin konsisten, maka akan semakin dikenali. Semakin lama beroperasi, maka akan semakin terkanal. Kalau sudah terkenal? menyalonkan diri menjadi presiden juga sepertinya bukan suatu perkara susah. Tinggal bagaimana mengatur strategi menyampaikan visi misi nya dimasa depan.

SUDAHKAH ANDA MEMBRANDING DIRI ANDA?




Konsultan Branding Desain Karawang
Hubungi:
Call/ SMS/ Whatsapp: 0878-8438-0220
Line: kebundesign
Portofolio bisa dilihat lebih mudah di Instagram Kebun Design

SHARE