Pantas Phil Knight Sukses Bangun Perusahaan Sepatu Nike, Inovasinya Saja Seperti Itu!

Saking kerennya kisah sukses Phil Knight dalam membangun brand olahraga Nike, sampai samapai kisahnya tersebut akan diangkat menjadi sebuah film oleh Netflix.  Netflix memilih buku 'Dog Shoe' untuk menjadi rujukan dalam pengarapan film tersebut, karena didalamnya menceritakan kisah Phil Knight dalam mengembangkan Nike. Mulai dari perjalanan awal perusahaan sampai menjadi sebesar sekarang ini.

Sumber gambar : orang kaya baru com

Phil Knight merupakan putra dari William W. Knight yang merupakan seorang pengacara, dan istrinya bernama Lota Knight. Selain pengacara ayanya juga memiliki bisnis surat kabar. Walau demikian, ayahnya tidak memberinya lowongan disurat kabar meskipun Phil sedang membutuhkan pekerjaan. Ayahnya percaya bahwa Phil harus mencari pekerjaan sendiri

Berbekal pengetahuan bisnis setelah lulus dari Graduate School of Business di Stanford University Phil mengunjungi Jepang pada November 1962, dan menemukan sepatu lari merek Tiger yang diproduksi oleh Onitsuka Co. Knight sangat terkesan dengan kualitas tinggi dan biaya sepatu yang rendah, dan dengan cepat mendapatkan kontrak distribusi dengan perusahaan tersebut.

Dalam memulai bisnis ini Phil bekerja sama dengan pelatih lari didirnya ketika masih kuliah saat itu yang bernama Bowerman. Mereka mendirikan prusahaan sepatu bernama Blue Ribbon. Sayangnya, Knight dan Bowerman menghadapi beberapa ketidaksepakatan mengenai kontrak dengan Onitsaka, sehingga pada tahun 1971 Phil dan Bowerman memutuskan untuk memulai memproduksi sepatu butan mereka sendiri dan mengganti nama prusahannya menjadi "Nike".

Bowerman melakukan inovasi brilian dengan diciptakan sol karet yang digunakan oleh sepatu Nike. Bowerman bereksperimen dengan senyawa karet cair yang dituangkannya pada cetakan wafel sang istri. Eksperimen ini membuat Nike mengeluarkan sepatu dengan menggunakan sol karet. Penemuan sol karet ini ternyata sangat disukai konsumen.

Phil Knight menggaet atlet trek Olimpiade seperti pelari jarak jauh Steve Prefontaine. Dia melihat potensi bahwa atlit akan bisa mempengaruhi orang lain untuk mencoba produknya. Sepatu Nike memulai debutnya pada uji coba Olimpiade 1972 dan terbukti sangat menguntungkan. Tidak selesai sampai disitu, di tahun 1984 Nike menggaet bintang basket NBA Michael Jordan sebagai brand ambassador Nike. Bahkan Nike mengeluarkan produk khusus Nike Air Jordan di tahun 1985, dan Nike sukses besar menguasai setengah pasar amerika.

Kerja keras Phil Knight dan panternya Bowerman benar benar mengagumkan dalam membangun perusahan sepatu dengan kualitas tinggi. Belum lagi inovasinya yang menjadi nilai tambah. Dengan semua kesuksenan nike, Phil Knight memperoleh kekayaan 29 milyar dolar atau lebih dari 400 trilyun rupiah. dan phil masuk kedalam 30 orang terkaya didunia.

Jasa Desain Karawang (Logo, Desain Kemasan, Catalog, brosur dll)
Hubungi:
Call/ SMS/ Whatsapp: 0878-8438-0220
Line: kebundesign
Portofolio bisa dilihat lebih mudah di Instagram Kebun Design
SHARE