Kecewa Produk Samsung Disimpan Dipojok, Lee Kun Hee Buat Kagum Dunia Karena Produknya

Samsung merupakan sebuah perusahaan besar yang dikendalikan oleh keluarga, sehinga jabatan tinggi diperusahaan tersebut pun biasanya diwariskan turun temurun. Lee Kun Hee pun mulai bergabung dengan perusahaan milik ayahnya tersebut sekitar tahun 1968. Kemudian Lee diangkat sebagai chairman Samsung selang duapuluh tahun kemudian, karena sang sang ayah meninggal dunia.

sumber gambar :  mic publishing

Lee Kun Hee sendiri merupakan putra ketiga dari pendiri Samsung. Lahir  pada masa perang dunia sedang berkecamuk membuat lee menjadi sosok yang tangguh dan pintar. Setelah mendapatkan gelar sarjana ekonomi dari Waseda University di Jepang dan meraih gelar MBA dari George Washington University di Amerika Serikat, dan pemahamann tentang seluk beluk perusahaan, Lee berencana untuk membuat Samsung menjadi perusahaan yang disegani dunia internasional.

Untuk mewujudkan obsesinya itu, hampir tiap akhir pekan Lee pulang pergi ke Jepang untuk belajar langsung pada ahli dan pakar. Hal tersebut Lee lakukan agar bisa terus meningkatkan kualitas produk samsung agar bisa bersaing secara intersanional. Terlebih Lee merasa tercambuk saat melakukan tour ke berbagai negara untuk melihat langsung performa penjulan Samsung yang ada disana. Bukan hasil bagus yang ia dapatkan, melainkan kekecewaan. Produk Samsung berupa televisi di simpan disudut yang hampir tak terlihat oleh konsumen, sedangkan produk televisi seperti Sony dan Panasonic dipajang pada tempat paling strategis.

Berkecil hati bukan pilihan Lee, meski saat itu Lee melihat langsung produknya kurang mendapat sambutan didunia kelas internasional, tapi Lee bertekad untuk membayar semua perlakuan yang tidak mengenakan itu dengan sebuah produk yang punya kualitas terbaik dunia. Langkah pertama yang ia lakukan yaitu dengan mengumpulkan ratusan eksekutif Samsung dalam rapat besar di Frankfurt, Jerman.

Dalam pertemuan tersebut, Lee melakukan sebuah pidato yang membuat semua stekholder di Samsung menjadi saling bahu membahu secara serius menaikan citra perusahaan yang disegani masyarakat dunia. Bahkan bidato tersebut dibuat menjadi sebuah buku setebal 200 halaman dan dibagikan keseluruh karyawan sebagai motivasi. Saking berpengaruhnya pidato tersebut terhadap kesuksesan Samsung, kabarnya terdapat replika ruangan hotel tempat Lee berbicara di kantor pusat Samsung di Korea Selatan.

Karena kesuksesannya tersebut, bos Samsung Lee Kun Hee masuk kedalam 100 manusia terkaya dunia. Saat ini kekayaan Lee mencapai USD 18,6 miliar atau setara dengan 250 trilyun lebih. Di bawah kepemimpinan Lee, Samsung perlahan tapi pasti menjadi raksasa disegani, terutama di bidang elektronik. Mereka menjadi produsen ponsel dan televisi terbesar di dunia, dan juga memimpin di berbagai segmen industri lainnya.

Jasa Desain Karawang (Logo, Desain Kemasan, Catalog, brosur dll)
Hubungi:
Call/ SMS/ Whatsapp: 0878-8438-0220
Line: kebundesign
Portofolio bisa dilihat lebih mudah di Instagram Kebun Design  

SHARE