Tips Membuat Sistem Bisnis Online Agar Bisnismu Berkembang

Karena hampir semua sektor kgiatan hidup kita ini sekarang banyak menggunakan perangkat internet, maka sudah sewajanya dalam berbisnis online kita membuat sebuah sistem agar semuanya berjalan lancar. Dalam jenis bisnis apapun tentunya kita memerkukan sebuah sistem yang mengatur pola bisnis kita agar kita bisa memantau perkembangannya. Dalam hal ini ada beberapa point utama yang bisa kita dapatkan dan akan langsung kita bahas dibawah ini:

sumber gambar : onlined7

1. Buat toko online

Salah satu hal pertama yang harus kita lakukan untuk membangun sebuah sistem bisnis online adalah dengan memiliki toko online terlebih dahulu. Kita bisa menggunkan website gratis meski terbatas, atau gunakan situs-situs marketplace yg banyak tersedia, atau jika kita sedikit memiliki modal kita bisa memakai domain berbayar dan hosting sendiri. Toko online ini merupakan pijakan awal kita, tanpa toko online kita tak akan bisa membangun sebuah sistem bisnis online. 

2. Penjualan

Dalam hal ini, kalian harus fokus membranding usaha kalian tersebut. Bisa membranding tokoknya misalnya, karena kalian menjual berbagai macam produk orang lain, atau membranding produk buatan kalian sendiri. kemudian fokus cari pelanggan, tak perlu berfikir tentang harus dapat untung besar terlebih dahulu. Setelah itu buat data base pelanggan yang masuk menanyakan produk kita atau telah membeli produk kita agar nanti data base itu bisa kita gunakan lagi dikemudian hari.

3. Pemasaran

Pada tahapan awal, disamping fokus ke jualan, jangan lupa buat anggaran untuk pemasaran. Bisa pakai optimasi mesin pencarian seperti google, atau iklan di social media seperti FB Ads. Intinya adalah gunakan internet sebagai tools atau sarana, untuk menyebarkan informasi ke orang lain. Buat informasi itu semenarik mungkin, boleh menggunakan design gambar atau semacamnya agar orang bisa mau memihat selebaran promosi tersebut.

4. Keuangan

Kemudian, buat sistem pencatatan laporan keuangan. Meski usaha kita masih terbilang kecil, biasakan untuk membuat catatan keuangan karena agar kita bisa tahu apakah usaha kita ini untung atau rugi. kita bisa jadi tahu secara detil pengeluaran untuk memproduksi barang samapai pendapatan dari jumlah penjulan. Jadi jangan sampai kita melewatkan pencatatan laporan keuangan ini yah. 

5. Sumber daya manusia.

Tanda dari kita membutuhkan karyawan adalah saat kita sudah kewalahan dalam menjalankan bisnis kita, penjulan menanjak sehingga membutuhkan produksi cepat dan banyak, dan tentunya hal tersebut hanya bisa dikerjakan dengan batuan orang lain. Dalam merekrut karyawan, sebelumnya buatlah SOP(Standart Operating Prosedure) untuk karyawan, agar nanti mereka bekerja sesuai SOP dan menghindari hal yang tidak di inginkan seperti kecelakaan kerja Dll. Kemudian buat sistem rekrutmen seperti wawancara dan tes kemampuan kerja, jangan sampai kamu mendapatkan karyawan yang tidak bisa bekerja sama dengan kamu.

Jasa Desain Karawang (Logo, Desain Kemasan, Catalog, brosur dll)
Hubungi:
Call/ SMS/ Whatsapp: 0878-8438-0220
Line: kebundesign
Portofolio bisa dilihat lebih mudah di Instagram Kebun Design  
SHARE